Kamis, 05 November 2009

elektro

Teknik elektro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari


Teknik elektro merancang sistem tenaga …


… dan rangkaian elektronika yang rumit.
Teknik Elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Berasal dari bahasa Inggris electrical engineering, yang bisa diartikan dengan teknik listrik.
Ilmu teknik elektro dulunya dibagi atas 2:
  • Arus kuat, yang mempelajari listrik tegangan tinggi, serta
  • Arus lemah, yang mempelajari listrik tegangan rendah.
Selain itu, ilmu teknik elektro dapat dibagi menjadi:
  • Teknik elektrik, terutama mengenai sifat-sifat listrik dan pemanfaatan listrik dalam berbagai bidang.
  • Teknik elektronika, terutama mengenai sifat-sifat elektron dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang.
Sejalan dengan perkembangan teknologi, khususnya pada bagian arus lemah, maka saat ini dibagi menjadi enam konsentrasi, yaitu:
BIAR SUARA LEBIH OPEN DAN JERNIH
Dengan cara simpel sampai kelas berat


Dalam perbincangan dengan beberapa instalatur audio, terdapat fakta kalau head unit 2 DIN DVD plus monitor dengan harga dikisaran Rp 2 juta sampai Rp 4 juta punya kualitas suara biasa saja. “Kalau dibanding single CD branded (Alpine, Clerion, Pioneer, Red.), DVD 2 DIN kalah bagus suaranya,” ungkap Yohanes, instalatur Indra Variasi, Purwokerto.
Menurut David Karjadi, intalatur Neusound, MGK Kemayoran Jakarta Pusat, karena optic DVD dikhususkan buat car teater. Jadi wajar bila suaranya tak sebagus head unit yang memang untuk putar suara stereo. Pendapat ini juga diamini Andri Wijaya, instalatur Bassindo, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Nah karena mutu suaranya tak sebagus CD player bisasa, beberapa langkah optimalisasi atau peningkatkan mutu suaranya dapat ditempuh dengan beberapa cara. Cara ini bergantung pada kemampuan isnstalatur dalam memilihkan perangkatnya, mulai dari tretmen sederhana sampai kelas berat. Untuk itu mari ikuti pemaparan di bawah ini. Rahmat/Dok. MOTOR/
1. Perhatikan menu DVD system
Jika mendapati suara TV 2DIN enggak bagus, ada baiknya melihat menu yang ada pada fitur head unit. Langkah ini dilakukan sebelum kita memutsukan untuk melakukan penambahan komponen pada sistem audio. “Kadang menu audionya ada yang masuk ke processor 5.1-nya padahal head unit ini belum ada processornya,” ungkap David. Untuk hal ini masuk ke menu DVD system, lalu pindahkan ke menu strereo biasa.
Kesalahan ini biasanya hanya karena kita kurang tahu ada menu pengaturan suara stereo pada head unitnya. Sedangkan kalau memang mau memeutar DVD car theatre, pengaturannya dapat dikembalikan ke menu processor 5.1.
2. Up grade preamp internal head unit.
Kalau memang langkah pemindahan menu ke stereo tak efektif, langkah lainnya bisa ditempuh dengan up grade pre amp head unitnya. “Bagian output suaranya saja,” tukas David. Komponen yang diganti biasanya IC. Mutu suara dan warna suaranya ditanggung bakal lebih jernih asalkan pemilihan komponennya tepat.
Ingat langkah ini ditujukan hanya untuk head unit dengan importir enggak jelas dengan ciri tak ada garansi. Buat head unit dengan importir besar, up grade pre amp ini dipikir tak perlu dilakukan karena mutunya cukup bagus. Tapi bukan berarti up grade ini tak boleh dilakukan, artinya semua ini bergantung pada keputusan konsumen.
3. Tambah power amplifier
Kalau dipikir up grade preamp lebih ribet, penambahan power 4 kanal dapat dilakukan. “Kalau saya pasang biasa pak power Zapco 4 channel yang sudah built in x-over, suara cukup bagus,” ungkap Yohanes. Dengan pemakaian power ini suara dari head unit bisa terdongrak tenaganya.
4. Pasang preamp
Jika pengin suara lebih jernih dan jelas, penamabahan preamp dapat dilakukan. Dengan penamabahan preamp ini, maka voltage meningkat. “Misal dari head unit preout- nya cuma 2 volt, pakai preamp keluarannya 9 volt,” tukas David. Malah kalau yang dipakai preamp tabung, suara yang dihasilkan bisa hangat khas home audio.
5. Tambah equalizer
Kalau ingin ubah sistem equalizer standar, di pasaran ada beberapa merek equalizer yang bisa dipakai. Biasanya head unit murah cuma punya equlaizer 2 band, treble dan bass saja. Dengan penambahan equlaizer maka tingkatkan pengaturannya jadi lebih tinggi. Salah satunya dikembangkan Rockford Fosgate melalui produknya 3-Sixty. “31 band equalizer, pakai Bluetooth adjustnya,” ungkap Andri. Jika pengaturanya tepat, hasil suaranya jelas bakal terdongkrak.
6. Ganti spekear & Sub
Jika sistem sudah komplet, dengan mengganti power, speaker, dan sub, sistem dapat ditingkatkan lagi. Cara paling mudah mengganti komponen speaker dan sub dengan mutu yang lebih baik.
Khusus buat speaker utamakan pada posisi depan agar suara stereo yang dihasilkan benar-benar bisa langsung di terima dengan detail rapi. Sedangkan untuk sub diperlukan penelusuran informasi yang pas mengenai sub yang cocoik dengan sistem audio yang sudah ada. Jika memang pakai boks, pilih instalatur yang kapabel dalam melakukan instalasi.



Tips & Trik: Aplikasi head unit DVD TV 2 DIN

PERHATIKAN KUNCI KONTAK DAN SIRKULASI
Kerusakan pada head unit DVD 2 DIN bisanya Karen salah aplikasi pada waktu instalasi dan juga cara memnfungsikan head unitnya. Berikut ini dua hal yang bisa jadi penyebab head unit cepat rusak.
· Jangan mencabut mecabut kunci kontak mobil, sebelum mematikan head unitnya. Menurut Andrie, pada saat kontak diputar untuk starter, head unit otomatis akan menyala karena poisis head unit on. “Maka posisi head unit yang telah menyala, tegangannya akan turun dan mematikan head unitnya,” ungkap Andrie. Seringnya tegangan turun naik akibat tersedotnya oleh motor stater bisa mengakibatkan kerusakan IC pada head unit. Jadi sebaiknya dimatikan dulu, sebelum mematikan atau mecabut kunci kontak.
· Ada beberapa head unit murah, ada plastik pembusngkus pada bagian bodi head unit yang menutupi ventilasinya. Kalau hal ini tak dilepas menurut Andrie, akan terjadi over heat pada komponen optiknya yang dapat timbulkan keruskan head unit.


Tips & Trik: Pilih head unit DVD 2 DIN TV
WARNING!: JANGAN GEGABAH
Mengingat bejibunnya jumlah merek head unit 2 DIN adalah sangat penting memperhatikan cara pilihnya. Agar lebih melek atau sekadar mengingatkan ikuyti tips dan trik di bawah ini.
· Sebelum membeli tanyakan dahulu garansi dan juga importirnya. Cara ini akan bikin kita jadi merasa aman dan nyaman jika terjadi kerusakan pada head unit. Dan umumnya importir besar punya stok cukup jika terjadi kerusakan pada komponen.
· Perhatikan fitur yang ada di head unitnya. Sekarang sudah banyak produk berharga murah dari importir besar yang dibekali fitur lengkap. Mulai dari USB, Bluetooth, sampai iPod. Bahkan merek seperti Caska telah menyiapakn produk untuk menggantikan perangkat OEM standar mobil-mobil gres, semacam Camry atau new Accord. Paling penting perangkat head unit pengganti ini enggak akan menggangu fitur di dasbor dan sistem lainnya.

SARJANA ELEKTRO

http://blog.math.uny.ac.id/naavipmsb09/files/2009/10/motherboard-parts.jpgApakah Anda sarjana elektro?
Sebenarnya, apapun jawaban Anda tidak penting bagi kami. Majalah ELEKTRO ini diterbitkan oleh para sarjana elektro yang tergabung dalam organisasi profesi Badan Kejuruan Elektro - Persatuan Insinyur Indonesia (BKE-PII). Namun, target pembaca ELEKTRO tidak hanya yang berasal dari jurusan elektro. Banyak di antara pembaca kami juga bukan sarjana, tapi mulai dari mahasiswa, praktisi dan profesional yang bergerak di bidang elektro. Kata elektro, menurut kami, bukan hanya soal listrik dan elektronika. Elektro mencakup semua bidang yang berkaitan erat dengan ilmu dan teknologi yang berhubungan dengan elektron. Elektro adalah "elite", yaitu elektronika (termasuk kontrol dan instrumentasi), listrik, informatika dan telekomunikasi (termasuk mutimedia dan penyiaran), serta energi.
Lalu, ada apa dengan sarjana elektro? Jika Anda seorang sarjana elektro, artinya Anda lulusan dari program sarjana atau pasca sarjana teknik elektro, telekomunikasi, instrumentasi, informatika dan komputer, Anda dapat mengikuti Konvensi Nasional Sarjana Elektro 2003, di Jakarta, 9 dan 10 Oktober yang akan datang. Ide dan pemikiran Anda diharapkan bisa tersalurkan melalui organisasi profesi BKE-PII. Sebagai seorang profesional, Anda diharapkan juga menyumbangkan pemikiran bagaimana membangun kemandirian bangsa Indonesia melalui bidang elektro. Sudah saatnya sarjana elektro tidak hanya sebagai buruh atau konsumen sebuah produk, tapi bisa berperan sebagai technopreneur. Apapun pekerjaan Anda, jiwa kewirausahaan dalam bidang teknologi elektro bisa ditanamkan, sehingga akan tumbuh jiwa, semangat dan gerakan menuju kemandirian.
Majalah ELEKTRO, sejak terbit perdana sembilan tahun yang lalu, 23 Juli 1994, memiliki motto "Media Menuju Kemandirian." Artinya, kami berharap para penulis akan menyiapkan artikelnya (yang berupa ide, desain, uji coba dan analisis atau hasil-hasil riset di bidang elektro) yang dapat menggugah semangat kewirausahaan dan pada ujungnya akan menghasilkan kemandirian penulis dan pembaca. Para pembaca dapat memetik hasil dari publikasi penulis-penulis di ELEKTRO untuk diri dan lingkungannya, mulai dari lembaga pendidikan, penelitian, pemerintahan dan dunia bisnis. Para pengiklan mendapatkan pembaca yang sesuai targetnya, yaitu kaum intelektual yang haus akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Terima kasih kami ucapkan untuk Anda semua, pembaca, penulis dan pengiklan serta pihak-pihak yang membantu kelancaran penerbitan majalah dua-bulanan ELEKTRO, sehingga dapat memasuki tahun kesepuluh mulai edisi ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar